Bahaya Kelebihan Sinar Matahari Untuk Kulit Tubuh

Pastinya anda sudah mengetahui manfaat positif dari sinar matahari untuk membantu menguatkan tulang sehingga pada orangtua biasa menjemur anak mereka yang masih balita pada saat pagi hari. Sinar matahari juga mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk pembentukan tulang. Namun di balik manfaat positif tersebut sinar matahari juga memiliki dampak negatif untuk tubuh khususnya untuk kulit tubuh. Pada artikel ini kami akan memberikan informasi singkat mengenai bahaya kelebihan sinar matahari untuk kulit tubuh agar anda bisa lebih berhati-hati saat melakukan kegiatan di luar ruangan terutama pada siang hari.bahaya sinar matahri bagi kulit

Perlu anda ketahui pada dasarnya kulit manusia memiliki pelindung alami berupa pigmen melanin untuk menangkal sinar matahari yang berbahaya yaitu sinar ultraviolet (UV). Sinar ultraviolet tadi bila diterima oleh kulit secara langsung dapat menyebabkan beberapa masalah untuk kesehatan kulit tubuh seperti kulit menjadi kering dan cepat berkerut. Kemudian akan muncul flek hitam pada kulit tubuh yang terpapar sinar ultraviolet juga kulit menjadi kering, kusam. Yang paling berbahaya adalah munculnya benjolan atau flek pada kulit yang bisa berkembang menjadi tumor jinak atau bahkan kanker kulit. Saat ini ancaman kanker kulit semakin meningkat sebab lapisan ozon semakin terkikis sehingga sinar ultravolet tidak lagi tertahan oleh lapisan ozon dan langsung terpapar pada kulit tubuh.

Bintik awal kanker kulit tersebut biasanya muncul pada bagian wajah, kepala, tangan serta bagian tubuh yang banyak terpapar oleh sinar matahari. Supaya terhindar bahaya kelebihan sinar matahari untuk kulit tubuh ini anda bisa melakukan berbagai tindakan pencegahan. Sebisa mungkin kurangi dan hindari melakukan kegiatan di luar ruangan yang langsung terpapar sinar matahari secara langsung pada siang hari. Bila anda terpaksa melakukan kegiatan di luar ruangan pada siang hari maka lindungi kulit tubuh anda dengan menggunakan baju dan celana panjang. Anda juga bisa memakai topi dan payung untuk mengindari sengatan sinar matahari. Selain itu lindungi kulit tubuh anda dengan menggunakan sunscreen atau sunblock.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s